Back to Kompasiana
Artikel

Bahasa

Indra Sastrawat

Wija to Luwu, Alumni FE-Unhas. RELAWAN KALLA Lewat tulisan kita bisa saling berbagi dan mencurahkan selengkapnya

Mengenal Agama dan Bahasa Kitab Suci Dunia

OPINI | 09 February 2012 | 07:12 Dibaca: 11992   Komentar: 11   1

Agama dan kitab suci merupakan satu hal yang tidak terpisahkan. Agama merupakan wahyu atau hasil perenungan panjang seorang manusia sedangkan kitab suci merupakan pedoman atau rangkuman hasil wahyu dan perenungan tersebut. Menarik untuk mengetahui bahasa dari kitab suci agama di dunia. Berikut beberapa agama beserta kitab suci dan bahasa kitab sucinya:

13287702531437428311

Pendeta membaca Weda

Hindu dan Bahasa Sanskerta

Agama Hindu merupakan agama yang lahir di anak benua India. Agama ini diperkirakan berkembang dari sungai Sindhu di bagian utara India. Kitab suci agama ini adalah Weda dengan bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Di dunia agama Hindu merupakan agama terbesar ketiga dengan jumlah penganut sekitar 1 milyar. Sedangkan bahasa Sanskerta yaitu bahasa asli Weda hanya digunakan kurang dari 200 ribu orang diseluruh dunia. Bahasa Sanskerta merupakan bahasa klasik di India dan merupakan satu dari 23 bahasa resmi di India. Bahasa ini pernah berkembang di nusantara Indonesia dan mempengaruhi bahasa lokal seperti bahasa Jawa.

Budha dan Bahasa Pali

Budha merupakan ajaran yang dikembangkan oleh Sidharta Gautama sekitar abad 6 SM. Ajaran ini muncul sebagai reaksi dari ajaran Brahmanisme. Di negeri asalnya India dan Nepal, agama Budha kehilngan pengaruh, justru aqjaran ini berkembang luas di Asia Timur dan Asia Tenggara. Budha merupakan agama terbesar ke-4 di dunia dan merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat ke-2 setelah Islam.

Kumpulan ajaran Budha di kumpulkan dalam 3 buah kitab (Tripataka) yang berbahasa Pali. Kata Pali sendiri artinya adalah “baris/garis” atau “teks (karonik)”. Bahasa Pali termasuk rumpun bahasa Indo-Arya. Oleh pakar dinyatakan bahwa sang Buddha adalah penutur bahasa Magadhi. Bahasa Pali oleh penganut Buddha dianggpa mirip dengan bahasa Pali. Sekarang penutur bahasa Pali tersebar dari India Timur, Nepal, Srilanka, Thailand hingga Kamboja.

Zoroaster dan Bahasa Persia

13287731012053241153

Kuil Zoroaster di Iran

Ajaran Zarathustra berkembang di wilayah Persia kuno dan dibawa seorang nabi bernama Zoroaster.  Zarathustra diperkirakan hidup sekitar 1100-550 SM. Ajaran Zoroaster datang untuk mempengaruhi pemahaman beragama bangsa Persia yang cendrung polytheisme. Dasar ajaran dari Zarathustra adalah monotheisme, yaitu menyembah hanya satu Tuhan, Ahura Mazda.[4] Angra Mainyu, yang merupakan Sang Kegelapan dan lawan dari Ahura Mazda, adalah pengingkaran Tuhan. Sekarang pemeluk agama ini tinggal 2 juta orang. Bahkan di negeri asalnya pengikut Zarathustra sekitar 10 ribu hingga 100 ribu orang saja.

Bahasa Persia merupakan bahasa asli dari Kitab Dasatir dan Awesta, dua kitab suci kaum Zoroaster. Bahasa Persia termasuk dalam rumpun bahasa Indo Eropa, bahasa ini terutama di pakai sebagai bahasa nasional di negera Iran, Afganistan, dan Tajikistan. Bahasa ini tergolong bahasa tertua, yang diperkirakan usianya lebih tua daripada bahasa Sanskerta. Bahasa ini terus berkembang, dan setelah Islam memasuki tanah Persia, kurang lebih 40 persen kosakata bahasa Persia telah terpengaruh oleh kosakata bahasa Arab. Sekarang jumlah penutur bahasa Persia sekitar 100 juta yang tersebar dari Asia barat hingga Asia Tengah.

Selain Zoroaster, di negeri Persia pernah lahir sebuah agama bernama Mani. Agama ini dibawa oleh Nabi Mani. Manikheisme (ajaran Mani) mengajarkan bahwa terdapat dua kerajaan besar, yaitu kerajaan Terang dan kerajaan Gelap yang sudah berperang sejak awal.

1328770420175393790

Rabi Yahudi Khusyuk membaca kitab suci (www.dreamstime.com)

Yahudi dan Bahasa Ibrani

Sejak jaman dahulu kawasan timur tengah dipilih tempat turunnya agama langit. Salah satunya adalah agama Yahudi. Agama ini berhubungan dengan kelompok bani Israil. Ajaran Yahudi dikhususkan memang untuk bani Israil. Kitab suciYahudi bernama Taurat yang ditulis dalam bahasa Ibrani. Pokok ajaran Yahudi adalah sepuluh perintah Tuhan dimana percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa menempati posisi teratas.

Bahasa Ibrani hampir punah sebagai bahasa yang dituturkan pada Abad Kuno, namun terus digunakan sebagai bahasa liturgi Yudaisme dan bahasa sastra serta hanya dipakai untuk mempelajari Alkitab dan Mishnah saja. Bahasa Ibrani masih satu rumpun dengan bahasa Arab dan termasuk dalam rumpun Afro-Asia. Bahasa Ibrani merupakan bahasa resmi Negara Israel modern.

Kristen dan Bahasa Aram

Kristen merupakan agama terbesar didunia dengan jumlah pemeluk hampir 2 milyar orang. Agama ini aslinya merupakan suatu mahzab dalam ajaran Yahudi. Pendiri agama ini adalah seorang keturunan Bani Israil. Awalnya perkembangan agama ini sangat lambat sebelum pengaruh Romawi dan Yunani membuat agama ini bisa diterima di Eropa. Dari Eropa agama ini menyebar ke seantero dunia. Kristen telah menjadi begitu banyak sekte dengan tiga kelompok besar yaitu Katholik, Protestan dan Orthodox.

Kitab suci agama ini adalah Bible yang terdiri dari perjanjian lama dan perjanjian baru. Bible modern tidak lagi ditulis dalam bahasa asli Yesus sang pendiri agama ini. Bahasa ibu Yesus adalah bahasa Aram. Bahasa Aram merupakan bahasa Sematik masih satu rumpun dengan bahasa Arab dan Ibrani. Bahasa ini justru tidak dikenal sebagian besar umat Kristen, hanya sekitar 500 ribu yang masih memakai Bahasa Aram.

Islam dan Bahasa Arab

Secara tradisi Islam merupakan satu dari 3 agama langit selain Yahudi dan Kristen. Agama ini disempurnakan oleh Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad mengajarkan agama ini sekitar abad 7 M. Islam modern merupakan agama terbesar kedua di dunia dengan jumlah pemeluk sebanyak 1,5 Milyar orang. Islam juga merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat didunia. Agama ini pernah menjadi pionir peradaban ilmu di Asia, Afrika dan Eropa.

13287710178022979

Anak sedang membaca Al Quran (www.theramadhanblog.blogspot.com)

Al Quran merupakan kitab suci agama ini. Al Quran ditulis dalam bahasa Arab yang sama dengan bahasa sang pembawa pesan, Nabi Muhammad. Bahasa Arab merupakan bahasa terbanyak ke-2 yang digunakan menjadi bahasa resmi di suatu Negara. Jumlah penutur bahasa bahasa ini sebanyak kurang lebih 400 sampai 500 juta orang, menjadikan bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci dunia yang paling banyak dituturkan. Bahasa Arab termasuk kelompok bahasa Sematik dan rumpun Afro-Asia.

Sikh dan Bahasa Punjabi

Sikh adalah ajaran yang berkembang di bagian utara India sekitar abad 17 M. Agama ini didirikan oleh Guru Nanak. Banyak yang berpendapat kalau ajaran ini merupakan jalan tengah atau campuran kepercayaan Islam dan Hindu. Agama ini termasuk masih baru. Kitab suci agama ini adalah Shree Guru Granth Sahib Ji. Kitab suci ditulis dalam bahasa Punjabi. Bahasa Punjabi merupakan salah satu bahasa Indo Arya yang dituturkan kurang lebih 60 juta orang. Nanak pada abad ke-16 menciptakan sistem penulisan khusus bagi kaum Sikh yang disebut Gurmukhi, yang berarti petuah guru, dan kitab suci kaum Sikh yakni Granth Sahib ditulis dalam huruf Gurmukhi.

Salam

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Saat Hari Anak Nasional Terlupakan oleh …

Topik Irawan | | 23 July 2014 | 18:53

Parcel Lebaran Dibuang ke Jalan …

Roti Janggut | | 23 July 2014 | 17:43

Efek Samping Kurikulum “Cepat Saji” …

Ramdhan Hamdani | | 23 July 2014 | 18:46

Mengejar Sunset dan Sunrise di Pantai Slili …

Tri Lokon | | 23 July 2014 | 20:12

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Kata Ahok, Dapat Jabatan Itu Bukan …

Ilyani Sudardjat | 10 jam lalu

Siapkah Kita di “Revolusi …

Gulardi Nurbintoro | 11 jam lalu

Psikologi Freud dalam Penarikan Diri Prabowo …

Sono Rumekso | 13 jam lalu

Ke Mana Sebaiknya PKS Pascapilpres? …

Aceng Imam | 13 jam lalu

Film: Dawn of The Planet of The Apes …

Umm Mariam | 15 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: